haramain from the top

Umroh Backpacker : Panduan Agar Murah Tapi Nyaman

Setiap umat islam pastilah menginginkan untuk bisa melaksanakan ibadahnya semaksimal mungkin, termasuk ibadah umroh. Namun, kerap kali karena keterbatasan kemampuan dan dihadapkan dengan beragam kebutuhan yang beraneka ragam membuat rencana umrohnya berakhir dengan kata rencana. Nah, tidak sedikit dari mereka memiliki jalan keluar yakni dengan melaksanakan ibadah umroh backpacker, biaya umroh murah ketimbang mengikuti paket umroh dari travel atau agen umroh lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, disini akan dibahas mengenai :

  1. Mengapa Orang Harus Melaksanakan Umroh Backpacker
  2. Berapa Biaya Umroh Backpacker?
  3. Berapa Harga Paket Umroh Di Travel Agent?
  4. Panduan Melaksanakan Ibadah Umroh Dengan Backpacker
  5. Jika Harus Ikut Travel Umroh, Travel Umroh Murah Mana Yang Berkualitas?

Oka, oke mari kita mulai!!!

1. Mengapa Orang Harus Melaksanakan Ibadah Umroh Backpacker?

Biasanya orang melaksanakan umroh backpacker dengan 2 alasan, pertama karena ia ingin ibadah umroh bisa terlaksana dengan biaya yang hemat, alasan kedua ialah ia sebelumnya pernah ikut umroh di travel agent kemudian karena merasa sudah yakin dan hafal dengan medan di tanah suci dan rangkaian ibadah umrohnya, maka di kesempatan berikutnya ia melaksanakan umroh bacpacker.

Untuk alasan kedua sebenarnya tidaklah masalah karena ia mengetahui rukun umroh tersebut dan yang tak kalah penting juga mengetahui sebenarnya fasilitas penunjang ibadah yang ia butuhkan berupa penginapan hotel dan pesawat. Nah problemnya bagi yang ingin umroh karena keterbatasan biaya, jika hendak melaksanakan umroh backpacker jangan sampai kamu menyesal karena tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan.

2. Berapa Biaya Umroh Backpacker?

Pada intinya ketika kamu memutuskan untuk melaksanakan umroh backpacker, semua biaya sepenuhnya kamu kontrol. Misalkan, jika mengikuti travel umroh kamu akan menginap 9 hari 8 malam di hotel bintang 4. Nah, dengan backpacker kamu bisa menginap 4 malam di apartement yang jaraknya bisa sedikit lebih jauh, 1 malamnya itikaf di masjidil haram, 3 malamnya di hotel berbintang 3. 

Kamu juga perlu ingat loh, untuk umroh ini biaya kamu tergantung dari kurs dolar dan kurs riyal. Jadi setidaknya kamu harus update mengenai kurs dolar hari ini loh, jangan sampai kamu malah kecolongan biayanya hanya karena persoalan kurs.

 

Selain itu biaya umroh backpacker juga tergantung dari pesawat yang digunakan. Biasanya dengan menggunakan travel umroh, kamu akan menggunakan pesawat direct ke madinah yang lebih mahal ketimbang direct ke Jeddah. Nah disini, kamu bisa menggunakan pesawat transit katakanlah Srilanka Airlines yang akan transit ke Colombo terlebih dulu, atau Oman Airlines yang akan transit di Oman.

Kalau dihitung-hitung juga dengan makan sehari-hari yang kamu biasa makan, bisa jadi dengan melaksanakan umroh backpacker 9 hari kamu bisa hemat mungkin sampai 6 juta-an bila fasilitas yang digunakan seperti yang telah disebutkan diatas.

3. Berapa Harga Paket Umroh Di Travel Agent

Harga paket umroh di travel agent sangatlah bervariatif, di artikel ini kita ambil contoh di travel umroh haramainku. Di travel umroh tersebut memiliki harga paket umroh yang relatif terjangkau dan mungkin dibilang masih masuk akal. Mengapa demikian?

Jangan sampai tergiur oleh harga paket umroh yang dibawah 20Juta, karena coba bayangkan misalkan biaya paket umrohnya dijual di harga 19 juta. Apa masuk 19 juta tersebut untuk menutupi semua biaya travel umroh? Belum lagi 19 Juta yang dijanjikan menginap di hotel ring 1 dekat masjid dan berbintang, sebaiknya lebih waspada dan teliti dalam menanyakan travel tersebut.

Kembali ke Haramainku, ia menawarkan paket umroh murah senilai 22 Juta All In termasuk perlengkapan, bila tanpa perlengkapan senilai 20.7Juta. Hotel yang ditawarkan pun masih masuk akal yaitu hotel bintang 3. Namun jargonya dari travel umroh ini ialah sesuai sunnah, sehingga Ustadznya alias pembimbingnya bukanlah Ustadz yang tidak memiliki nama atau punya profesi kacangan.

Panduan Melaksanakan Ibadah Umroh Backpacker

Nah disinilah saatnya kamu mengetahui apa saja yang harus disipkan untuk melaksanakan umroh backpacker :

  1. Makanan & Minuman Kemasan : Ini sangatlah berguna bagi yang ingin berhemat ketimbang ditembak harga makanan. Jadi mie instan, kopi, gula dan teh sepertinya perlu dipersiapkan
  2. Selimut & Mantel : Ingat kamu tidak menginap di hotel berbintang, yang suhunya dan kenyamanannya bisa dijamin, oleh karenanya bila malam hari kamu gunakan untuk istirahat, kedua benda tersebut sangatlah berguna
  3. Buku Tata Cara Umroh : Banyak juga sih sebenarnya website yang berisi tata cara umroh, bahkan manasik umroh sesuai sunnah pun juga ada, namun tak ada salahnya hal itu kamu miliki agar ketika beribadah kamu bisa langsung buka. Sebaiknya buku tata cara umroh tersebut yang kamu bawa ialah buku saku sehingga mudah dibawa dan disimpan.

 

Itulah artikel mengenai umroh backpacker, mulai dari alasa, biaya umroh yang diperlukan, beragam paket umroh murah dari travel hingga panduan singkatnya dalam beribadah umroh backpacker. Semoga bermanfaat! Mohon maaf ya kalau ada kurang-kurang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *