humus

4 Makanan Arab Yang Bisa Bikin Lidah Kamu Ketagihan

Makanan Arab identik dengan tampilan yang segar, terbuat dari aneka rempah dan aromanya menggugah selera. Sehingga tidak heran apabila berbagai hidangan khas Negeri Minyak ini selalu mampu memuaskan para penggemarnya. Berikut ini adalah beberapa hidangan dan jajanan dari negeri Timur Tengah yang bisa menggetarkan lidah kamu dan bikin ketagihan ;

Kebab

Kebab adalah olahan daging yang terkenal dengan cita rasa lezat dan menggugah selera. Makanan ini awalnya hanya terdapat di Arab Saudi dan identik dengan negara-negara di Timur Tengah. Tapi, seiring dengan perkembangan jaman, mulai menyebar ke berbagai negara, seperti Afrika dan Indonesia. Proses memasaknya bisa dibakar atau dipanggang, tapi di beberapa negara ada kebab yang diolah dengan cara digoreng atau disemur. Biasanya, hidangan tersebut berisi daging, selada, tomat, timun dan bawang bombay. Bisa disantap bersama saus sambal, saus tomat, keju dan mayonnaise. Karena kebab memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, maka cocok bagi lidah masyarakat kita.

Mutabaq

Mutabaq adalah kuliner yang dipercaya berasal dari Yaman, tapi menjadi hidangan pembuka yang sangat populer di Kerajaan Arab Saudi. Bisa dibilang, sajian ini merupakan versi lain dari pancake yang sering Anda temui di caffe atau resto di seluruh negeri. Mutabaq sendiri terbuat dari lapisan kue tipis yang diisi dengan campuran telur, daging cincang, tomat, peterseli, bawang serta jalapeno pepper. Jika di Indonesia, makanan tersebut dikenal dengan martabak. Setiap gigitannya member sensasi lezat yang tidak terlupakan dan bisa membuat Anda ketagihan.

Hummus

Arab memang memiliki banyak sajian yang berbahan dasar roti, salah satunya Hummus. Tapi, sebenarnya Hummus sendiri merujuk pada saus kacang yang terbuat dari kedelai, tahini (wijen giling), lentini, bawang putih, garam, minyak zaitun dan air lemon. Supaya terlihat menarik, makanan tersebut diberi irisan tomat, tortilla dan chickpea yang ditata di tengahnya. Setelah itu, siap disantap dengan roti tradisional yang berbentuk pita atau disebut lafa. Cara menikmatinya, yakni dengan menyobek roti lalu mencocol-cocolkannya pada Hummus. Selain roti, saus cocolan tersebut juga bisa dimakan dengan sayuran dan kentang. Agar rasanya lebih lezat, Anda bisa meminta tambahan bawang putih lebih banyak.

Samboosa

Makanan khas Timur Tengah memang terkenal bergizi dan menyehatkan tubuh, tak terkecuali Samboosa. Tidak heran jika jajanan yang bernama lain Samosa ini memiliki daya tarik di kalangan pecinta kuliner. Hidangan berbentuk segitiga tersebut terbuat dari kulit pastry yang gurih dan krispy. Bagian dalamnya berisi daging kambing, sapi atau ayam cincang yang bisa digoreng maupun dipanggang, telur, keju serta aneka sayuran, seperti wortel, kentang dan buncis. Paling cocok disantap dengan sup wortel atau Shorbah Adas, alias sup kacang lentil. Samboosa biasanya disantap sebagai penambah selera atau dijadikan teman minum teh klasik bagi masyarakat Arab. Sama seperti Luqaimat, jajanan ini juga tidak pernah absen setiap bulan puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *